April 25, 2010

REAL ACTION FROM GREENTOPIA

Karena kepedulian Greentopia dengan Lingkungan dan efek negatif dari Climate Change, kami melakukan kunjungan ke salah satu tempat penyumbang dampak Climate Change di kawasan Bekasi. Yup, Tempat Pembuangan Akhir Bantar Gebang-lah tujuan awal Greentopia.

Beberapa meter sebelum memasuki kawasan TPA Bantar Gebang banyak truk sampah yang berlalu lalang. Herannya banyak sekali rumah penduduk di depan kawasan ini, padahal aroma busuk sampah sangat menusuk walaupun dari jarak jauh.

1st place: Jembatan Timbang
Disini truk sampah harus melewati jembatan untuk menimbang berat sampah yang telah mereka angkut. Dan nantinya berat sampah akan dikalkulasikan untuk pemerintah Jakarta sebagai ‘upah’ pembuangan sampah mereka.



2nd place: Kantor TPA Bantar Gebang
Sebelum kami memasuki kawasan penimbunan dan lainnya, kami meminta izin terlebih dahulu dengan pengurus TPA. Di sini kita disambut hangat oleh Bapak Batara Erwin Sinaga selaku Manager 2. Beliaupun memberikan berbagai penjelasan mengenai proses penimbunan sampah secara lengkap. Selain itu bapak Batara juga ikut mendukung kelompok Greentopia loh dalam penyelamatan lingkungan. (Thanks ya, Pak!)



3rd Place: Pengolahan Pupuk Kompos
Sampah sampah organik akan diolah di sini sebagai pupuk kompos. Tapi guys, tidak semua sampah organik diolah di sini. Karena ternyata, sampah yang mereka angkut langsung ditumpuk bersamaan tanpa dipisahkan antara sampah organik, nonorganik, dan B3 (waduh?).



4th place: IPAS
IPAS merupakan tempat pengolahan air limbah agar menjadi air yang layak dipakai sehari-hari. Di IPAS ini kita dapat melihat proses dari mulai air limbah yang sangat kotor menjadi air yang bening. Di dalamnya terdapat banyak bak yang dibedakan fungsinya.



5th Place: Tempat Penimbunan
Truk yang sudah melalu jembatan timbang, akan langsung menimbun sampahnya di tempat ini. Di sini kita juga bisa melihat banyak pemulung yang ikut mengangkut sampah plastik dan lainnya dari timbunan sampah. Mereka memang diperbolehkan masuk oleh pihak TPA Bantar Gebang.
















And then, perjalanan kami memang berakhir di Tempat Penimbunan ini. Banyak sekali yang telah kami dapatkan dari Tempat Pembuangan Akhir Bantar Gebang. Thanx a lot buat semua pihak yang sudah membantu perjalanan kami.

1 comment:

  1. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan bisa jadi perhatian kita semua untuk lingkungan yang lebih baik :D

    ReplyDelete