September 26, 2010

Greentopia School Attack to MTSN 1 Bekasi

Sesuai dengan tagline Greentopia “Teenage Concern of The Earth” pada tanggal 4 September 2010 lalu kami (pengurus greentopia) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembuatan kertas daur ulang serta penanaman pohon bertempat di MTs Negeri 1 Bekasi. Pada kegiatan ini kami ingin berbagi ilmu kepada teman-teman di Mts Negeri 1 Bekasi mengenai bagaimana cara mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai agar nantinya tidak hanya menjadi sampah tapi juga dapat menjadi barang yang bermanfaat. Selain itu kami juga ingin melakukan penanaman 4 pohon di lingkungan Mts Negeri 1 Bekasi yang menurut kami masih kurangnya lahan hijau di lingkungan tersebut.




Acara ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam, sekitar pukul 9 pagi kami memulai acara ini dengan perkenalan diri masing-masing serta menyampaikan tujuan kami saat itu. Sebelum memulai pembuatan daur ulang kertas kami juga saling berbagi pengetahuan mengenai hal lingkungan seperti apa itu global warming, apa penyebabnya, apa akibatnya, dan bagaimana cara mencegahnya. Setelah itu barulah kegiatan pembuatan daur ulang kertas pun di mulai, pertama-tama kami menyampaiakn alat dan bahan apa yang diperlukan misalnya kertas tidak terpakai, cairan soda caustic, pewarna tekstil dll.



Setelah itu kami melakukan demo cara membuatnya sebagai contoh juga menjelaskan tiap proses pembuatannya. Seusai kami mencontohkannya kami memberi kesempatan untuk teman-teman di Mts Negeri 1 Bekasi untuk mencoba membuatnya juga, saat itu anak-anak terlihat sangat antusias untuk turut andil mencobanya. Setelah semuanya mencoba, kami melanjutkan kegiatan dengan penanaman 4 pohon di 4 titik di lingkungan tersebut dengan didampingi masing-masing dari kami.



Seusai kegiatan penanaman pohon selesai kami segera kembali ke ruangan untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu sesi tanya jawab mengenai lingkungan, awalnya sebagian dari mereka mungkin masih malu-malu atau enggan untuk bertanya tapi setelah ada satu anak yang bertanya penanya penanya berikutnya pun berdatangan. Agar anak-anak tidak merasa bosan kamipun menyelipkan beberapa lelucon seperti tebak-tebakan. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kertas daur ulang yang kami buat pun sudah mulai kering, mungkin beberapa dari mereka ada yang baru mengetahui kertas daur ulang itu seperti apa dan mereka terlihat senang dengan hasil yang mereka buat.

Kegiatan pun ditutup dengan ucapan terima kasih kepada pihak MTs Negeri 1 Bekasi yang telah memberikan kami kesempatan untuk berbagi ilmu kepada teman-teman kami disana, dilanjutkan dengan foto bersama sebelum kami berpamitan untuk pergi.



Terima kasih atas apresiasi teman-teman MTs Negeri 1 Bekasi yang telah menerima kedatangan kami dengan baik, semoga kegiatan ini bermanfaat dan tidak hanya berlangsung sekali saja tapi juga dilakukan terus-menerus. Demi lingkungan yang lebih baik, mari bersama-sama kita bisa, mulailah dari hal kecil semoga kita terbiasa untuk tetap menjaga lingkungan.

No comments:

Post a Comment