September 22, 2010

Peningkatan Permukaan Laut

Tinggi muka laut di seluruh dunia telah meningkat 10 – 25 cm (4 – 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change)memprediksi peningkatan lebih lanjut 9 – 88 cm (4 – 35 inchi) pada abad ke-21.Perubahan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda, 17,5 persen daerah Bangladesh, dan banyak pulau-pulau lainnya.



Jangan kalian pikir bahwa kita tidak merasakan getahnya, karena baru-baru ini Jakarta dikabarkan mulai terkikis permukaannya. Apakah Jakarta akan seperti gambar di atas? Kenapa tidak?

FAKTA

Memang kita tidak dapat menarik kembali air yang jumlahnya sulit dihitung itu supaya Negara Kepulauan Indonesia ini tetap utuh pulau-pulaunya. Lalu apa? Kita MAMPU meminimalisir pertambahan volume air yang ada dengan gerakan peduli lingkungan. Sebenarnya gerakan itu mudah kok… salah satunya cukup dengan bersyukur. Lho? Kok jadi yambung kesitu? Tapi itu benar wahai readers. Kalian sadar ga kalau penggunaan AC itu dapat merusak lingkungan dengan Freon yang dihasilkan dari AC tersebut? Kita harus bersyukur sebagai warga Indonesia yang letaknya bukan di Afrika yang panasnya udah ga akan kebayang sama kita. Tanpa Air Conditioner kita juga bisa hidup kok…

Tapi kan panas !!!

Kan ada “adek”nya AC yang ramah lingkungan yakni kipas angin. Selain harga yang lebih murah, kipas angin juga bisa membuat kita merasa nyaman disuatu ruangan yang pengap kok.

Sedikit kalimat persuasif dari penulis, tapi kali ini bukan untuk membuang AC dirumash anda ke tempat pembuangan, melainkan “Mari kita minimalisir penggunaan AC. Jangan nyalakan AC jika tak ada orang di ruangan tersebut !”

1 comment:

  1. nice!
    imho, tarif listrik yang tinggi mungkin bisa jadi pendorong juga. tanpa bermaksud mendukung kenaikan tarif (hehe), gue pake kipas angin supaya tagihan tetap terkendali.. :D

    ReplyDelete