August 09, 2010

Why It's Green being Vegetarian??


Yups, ternyata dengan menjadi seorang vegetarian kita telah berpartisipasi dalam menjaga keadaan lingkungan loh. Karena berdasarkan laporan PBB tahun 2006, mengkonsumsi daging sama dengan menghasilkan emisi gas rumah kaca lebih besar daripada emisi gabungan semua kendaraan di dunia.

Fakta tersebut diambil dari kesimpulan hasil penelitian yang berupa:

1. 70% tanah di dunia, digunakan untuk menjadi perternakan. Dan 70% nya dahulu merupakan hutan yang terpaksa di gunduli untuk pangan hewan.

2.Peternakan sapi di dunia telah menghabiskan makanan yang cukup untuk dikonsumsi oleh 8,7 miliar manusia. That’s the reason kenapa sebagian orang selalu bilang “tidak akan ada kelaparan didunia jika kita semua menjadi vegetarian”

3.Limbah berupa kotoran ternak mengandung NO2 , senyawa yang 296 X lebih berpotensi menimbulkan gas rumah kaca daripada CO2.

4.Kotoran dari miliaran hewan ternak yang tersebar di seluruh dunia menghasilkan gas metana (CH4) yang 23 X lebih berbahaya daripada CO2

Dan dengan menjadi seorang vegetarian kita bisa menyelamatkan ½ hektar pepohonan setiap tahunnya! Karena believe or not, memakan 1 ons burger sama dengan menghancurkan 55 kaki persegi hutan tropis.

3 comments:

  1. tai kan masih ada daging ikan yang gak nimbulin hal-hal diatas....

    ReplyDelete
  2. oh ya pertama gw ralat dulu itu harusnya tapi bukan t*i
    maksudnya kan vegetarian itu kan tidak makan daging sama sekali, sedangkan artikel di atas mengungkapkan efek negatif dari hewan ternak, berarti kita tidak harus menjadi vegetarian untuk melestarikan lingkungan, karena "hanya" hewan ternak yang menimbulkan efek negatif bagi lingkungan, sedangkan hewan lain seperti ikan dan serangga tidak
    CMIIW

    ReplyDelete