July 01, 2010

PENGENDALIAN PEMANASAN GLOBAL

Semakin hari bumi kita tercinta ini semakin disibukkan dengan permasalahan yang hampir mengakar. Permasalahan ini bukan hanya dialami satu Negara saja. Melainkan seluruh Negara dibelahan bumi ini juga sudah sangat khawatir terhadap keadaan bumi saat ini sampai beberapa tahun mendatang. Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia semakin meningkat pertahunnya. Peningkatan ini diperkirakan hingga 1 persen pertahun. Dalam hal ini rasanya memang sangat sulit untuk mencegahnya. Yang dapat kita lakukan hanyalah mengatasi dampak yang terjadi akibat peningkatan bahan bakar fosil ini.

Salah satu point yang harus kita perhatikan adalah keadaan sekitar pantai. Untuk menanggulangi kerusakan pantai pemerintah mengambil langkah dengan memindahkan populasi di sekitar pantai ke daerah yang lebih tinggi. Atau dapat juga meletakkan dinding pelindung di sekitar pantai agar dapat mencegah masuknya air laut. Berkiblat ke Amerika disana hewan-hewan dapat terselamatkan nyawanya yaitu dengan tetap menjaga habitatnya. Langkah yang ditempuh yaitu mengosongkan tanah yang belum dibangun dari selatan ke utara, dengan begitu secara perlahan spesies-spesies disini pun pindah melalui sepanjang koridor yang dibangun menuju ke tempat yang lebih dingin.

Kita juga dapat melakukan usaha untuk memperlambat bertambahnya gas rumah kaca. Yaitu kita harus dapat mencegah setidaknya meminimalisir produksi gas rumah kaca. Selain itu, kalau memang tidak bisa diminimalisir produksi rumah kaca tersebut kita dapat mengupayakannya dengan mencegah pelepasan gas karbondioksida ke lingkungan. Yaitu kita dapat saja membuat tempat penyimpanan untuk komponen-komponen gas tersebut.

Mengatasi pemasan global yang sedang merajalela ini memang tidak bisa diselesaikan secara penuh dan singkat. Melainkan kita dapat mengatasinya secara perlahan melalui tahap demi tahap. (rda)

No comments:

Post a Comment